----- HARAP
DIBACA SEBELUM MEMBELI -----
1. Apakah harganya bisa dinego?
Untuk menjamin pelayanan yang adil
dan cepat kepada semua pelanggan, dan agar sistem kami bisa terstandardisasi
dengan baik; kami menetapkan kebijakan harga fixed. Dengan kata lain, harga
yang ada tidak bisa ditawar lagi. Harap maklum yah… :-)
Walau demikian, secara berkala kami
akan meninjau harga pasar dan menyesuaikan harga bila kondisi mengharuskan
demikian.
2. Bolehkah memilih warna / motif?
Untuk pembelian di atas 12 unit /
jenis barang, kami akan memberikan warna campur sesuai persediaan.
Untuk pembelian di bawah jumlah
tersebut, Anda boleh memilih warna selama warna tersebut tersedia. Untuk
mempercepat proses pengiriman, kami harap Anda bisa memilih beberapa warna
sekaligus (prioritas 1, 2, 3, dst-nya) sehingga bila warna prioritas 1 tidak
ada, kami bisa langsung memilih prioritas 2, atau 3, dst-nya. Atau, jika Anda
tidak menyukai warna tertentu, Anda bisa menyebut warna yang Anda TIDAK MAU.
Bila semua warna yang Anda pilih
tidak tersedia, biasanya kami akan mengkonfirmasi kepada Anda terlebih dahulu
via Messages atau SMS. Jadi kami harap Anda memeriksa Messages / SMS Anda
setelah pemesanan agar kami bisa segera memroses pesanan Anda dan
mengirimkannya.
Jika dalam 3 (tiga) hari kami tidak
mendapatkan kabar dari Anda, kami akan mengirim acak sesuai warna yang ada.
3. Apakah gambar yang dipajang sama
dengan barang aslinya?
Secara umum, gambar yang dipajang
mewakili bentuk aslinya, tapi dengan beberapa catatan.
Pertama, efek sinar selama proses pemotretan mungkin mendistorsi
warna sampai tingkatan tertentu. Kami juga harus jujur mengatakan, umumnya
gambar yang diberikan supplier kepada kami adalah gambar yang diambil dari
sudut terbaik dengan kualitas terbaik. Tujuan gambar tersebut tentu saja untuk
"menjual" kepada Anda, dan sama fungsinya dengan iklan-iklan yang
kita jumpai sehari-hari (agar Anda tertarik untuk membeli). Jadi, harap Anda
mengingat hal tersebut sebelum melakukan pembelian.
Kedua, untuk barang dengan berbagai motif, supplier kadang
mengirimkan motif yang berbeda sedikit dari gambar. Walau demikian, secara
kualitas dan kuantitas, barang tersebut sebenarnya sama. Sebisa mungkin kami
akan memberitahu Anda perbedaan motif tersebut, namun berhubung banyaknya jenis
barang yang kami miliki, kami tidak mungkin membandingkan satu per satu barang
yang ada dengan fotonya secara rinci.
Karena kedua alasan tersebut,
pembeli diharap memiliki toleransi adanya kemungkinan menerima barang yang
sedikit berbeda dari gambar aslinya
4. Apa Toko Surabaya 1 bisa melayani
dropship?
Tentu saja bisa. Sebutkan saja nama
dan nomor HP pengirim, dan kami akan mengirim berdasarkan instruksi tersebut.
5. Barang yang saya terima rusak /
tidak sesuai harapan. Bagaimana tanggung jawab Toko Surabaya 1?
Kami tentu berusaha memeriksa semua
barang yang akan dikirim, tapi sebagai manusia biasa, sesekali kami pasti
melakukan kesalahan juga. Selain itu, tidak semua barang bisa diperiksa,
terutama yang berada di dalam kemasan segel atau pesanan dalam jumlah banyak.
Kadang kerusakan terjadi selama proses pengiriman.
6. Kapan barang dikirim? Bagaimana
agar pengiriman bisa dipercepat?
Untuk order yang sudah OK sebelum
jam 1 siang, kami akan mengusahakan
pengiriman pada hari yang sama (kecuali hari Sabtu/Minggu, hari libur nasional,
atau ada kondisi 'force majeure' seperti hujan lebat / banjir). Order di atas
jam tersebut akan dikirim keesokan harinya. Order pada tanggal merah akan
dikirim setelah tanggalnya berubah menjadi biru / hijau.
Dalam beberapa kasus, kami belum
bisa mengirim bila ada barang yang kurang / berbeda warna dari yang diminta
pembeli. Di sini, kami akan menunggu konfirmasi dari pembeli terlebih dahulu.
Untuk mempercepat proses ini, kami harap pembeli bersedia memeriksa "Kotak
Surat" secara berkala untuk memberikan beberapa pilihan warna alternatif
jika pilihan utama kebetulan habis.
7. Koq harganya murah? Bagaimana
dengan kualitas barang yang dijual?
Seperti kata pepatah: "Ada
harga ada rupa", kualitas barang tentu sebanding dengan harganya. Jelas
tidaklah adil membandingkan, misalnya dompet senilai 20.000 dengan dompet LV
berharga jutaan rupiah (meski bentuk dan rupa bisa mirip); atau pulpen seharga
2.500 dengan pulpen Parker. Yang berani kami janjikan adalah barang yang kami
jual dalam kondisi baik, bisa dipakai, dan kualitas OK. Keawetan barang juga
tergantung pada pemeliharaan di tangan pembeli. Hal ini hendaknya dimengerti
pelanggan sehingga jangan sampai ada yang melayangkan komplain kualitas barang
jelek karena terlanjur membayangkan kualitas barang yang sama dengan
barang-barang 'branded'.
8. Koq harganya mahal? Kenapa toko
sebelah menjual barang sama dengan harga lebih murah?
Kami berusaha memberikan barang yang
murah, tapi tentu tidak berani menjanjikan yang termurah untuk semua barang.
Ada beberapa alasan mengapa toko lain bisa menjual lebih murah:
Pertama, mereka mungkin membeli dalam kuantitas lebih besar untuk
item bersangkutan.
Kedua, bisa jadi mereka kebetulan mendapatkan supplier yang
menjual lebih murah. Atau dalam periode kurs mata uang dollar yang
gonjang-ganjing belakangan ini, bisa jadi mereka sempat membeli banyak saat
kurs masih rendah.
Ketiga, karena terlanjur memesan banyak, mereka kesulitan membuang
barang, sehingga terpaksa menjual lebih murah agar modal bisa kembali lebih
cepat.
Keempat, mungkin untuk promo menarik pelanggan ke tokonya dengan
harapan pelanggan akan membeli item-item lain di sana yang menjanjikan margin
keuntungan lebih tinggi.
Kelima, mungkin ada sebagian barang yang cacat / rusak dan
disisipkan di antara barang-barang yang bagus (walau kami percaya tidak banyak
yang melakukan hal ini).
Singkatnya, masing-masing toko
memiliki kebijakan yang berbeda dalam soal penetapan harga, dan kita tidak
mungkin mengikuti semua kebijakan mereka.
Yang kami janjikan adalah: Kami
selalu menerapkan harga jual yang ekonomis, wajar, namun tetap memungkinkan
kami untuk untung (agar bisa melayani Anda dengan baik, berkembang, dan
menambah koleksi barang). Dengan menambah terus koleksi barang di toko ini,
kami berharap Anda bisa menghemat ongkos kirim daripada harus membeli di
beberapa toko sekaligus.
9. Barang sudah saya terima, dan
setelah saya timbang, mengapa beratnya tidak sama dengan yang tercantum di
katalog Tokopedia?
Bagi Anda yang sudah sering
berurusan dengan ekspedisi, Anda tentunya sudah menyadari jika perhitungan
berat kiriman tidak melulu dilihat dari berat aktual, melainkan juga dari
perhitungan volume. Semua ekspedisi menerapkan perhitungan volume sebagai
berikut:
Berat (dalam kg) = (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000 cm2
Tergantung mana yang lebih besar
(berat aktual atau volume), itulah perhitungan yang akan dipergunakan. Karena
itu, barang ringan yang memakan volume banyak terpaksa kita naikkan beratnya.
Kita juga harus mempertimbangkan volume untuk packing, terutama untuk
barang-barang yang rentan pecah. Penambahan ketebalan kemasan pasti akan
menambah volume.
Yang membuat masalah bertambah
ruwet, ada barang tertentu yang tidak bisa dibungkus berdampingan begitu saja
dengan barang lain tanpa resiko kerusakan di perjalanan, sehingga kita harus
memberikan ruang lebih agar barang aman sampai di tujuan. Karena itu, untuk
beberapa jenis barang, kita terpaksa melebihkan berat aktual di katalog agar
kami memiliki ruang lebih untuk menyusun barang dalam packing yang aman.
Yang pasti, bila ongkir yang Anda
keluarkan ternyata lebih banyak dari ongkir sebenarnya, kami pasti akan meminta
nomor rekening Anda untuk refund. Anda bisa memeriksa resi pengiriman untuk
memastikan hal tersebut.
Trima kasih... :-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar