Sabtu, 26 April 2014

HARAP DIBACA SEBELUM ANDA MEMBELI PRODUK KAMI



----- HARAP DIBACA SEBELUM MEMBELI -----


1. Apakah harganya bisa dinego?

Untuk menjamin pelayanan yang adil dan cepat kepada semua pelanggan, dan agar sistem kami bisa terstandardisasi dengan baik; kami menetapkan kebijakan harga fixed. Dengan kata lain, harga yang ada tidak bisa ditawar lagi. Harap maklum yah… :-)
Walau demikian, secara berkala kami akan meninjau harga pasar dan menyesuaikan harga bila kondisi mengharuskan demikian.

2. Bolehkah memilih warna / motif?

Untuk pembelian di atas 12 unit / jenis barang, kami akan memberikan warna campur sesuai persediaan.
Untuk pembelian di bawah jumlah tersebut, Anda boleh memilih warna selama warna tersebut tersedia. Untuk mempercepat proses pengiriman, kami harap Anda bisa memilih beberapa warna sekaligus (prioritas 1, 2, 3, dst-nya) sehingga bila warna prioritas 1 tidak ada, kami bisa langsung memilih prioritas 2, atau 3, dst-nya. Atau, jika Anda tidak menyukai warna tertentu, Anda bisa menyebut warna yang Anda TIDAK MAU.
Bila semua warna yang Anda pilih tidak tersedia, biasanya kami akan mengkonfirmasi kepada Anda terlebih dahulu via Messages atau SMS. Jadi kami harap Anda memeriksa Messages / SMS Anda setelah pemesanan agar kami bisa segera memroses pesanan Anda dan mengirimkannya.
Jika dalam 3 (tiga) hari kami tidak mendapatkan kabar dari Anda, kami akan mengirim acak sesuai warna yang ada.

3. Apakah gambar yang dipajang sama dengan barang aslinya?

Secara umum, gambar yang dipajang mewakili bentuk aslinya, tapi dengan beberapa catatan.
Pertama, efek sinar selama proses pemotretan mungkin mendistorsi warna sampai tingkatan tertentu. Kami juga harus jujur mengatakan, umumnya gambar yang diberikan supplier kepada kami adalah gambar yang diambil dari sudut terbaik dengan kualitas terbaik. Tujuan gambar tersebut tentu saja untuk "menjual" kepada Anda, dan sama fungsinya dengan iklan-iklan yang kita jumpai sehari-hari (agar Anda tertarik untuk membeli). Jadi, harap Anda mengingat hal tersebut sebelum melakukan pembelian.
Kedua, untuk barang dengan berbagai motif, supplier kadang mengirimkan motif yang berbeda sedikit dari gambar. Walau demikian, secara kualitas dan kuantitas, barang tersebut sebenarnya sama. Sebisa mungkin kami akan memberitahu Anda perbedaan motif tersebut, namun berhubung banyaknya jenis barang yang kami miliki, kami tidak mungkin membandingkan satu per satu barang yang ada dengan fotonya secara rinci.
Karena kedua alasan tersebut, pembeli diharap memiliki toleransi adanya kemungkinan menerima barang yang sedikit berbeda dari gambar aslinya

4. Apa Toko Surabaya 1 bisa melayani dropship?

Tentu saja bisa. Sebutkan saja nama dan nomor HP pengirim, dan kami akan mengirim berdasarkan instruksi tersebut.

5. Barang yang saya terima rusak / tidak sesuai harapan. Bagaimana tanggung jawab Toko Surabaya 1?

Kami tentu berusaha memeriksa semua barang yang akan dikirim, tapi sebagai manusia biasa, sesekali kami pasti melakukan kesalahan juga. Selain itu, tidak semua barang bisa diperiksa, terutama yang berada di dalam kemasan segel atau pesanan dalam jumlah banyak. Kadang kerusakan terjadi selama proses pengiriman.

6. Kapan barang dikirim? Bagaimana agar pengiriman bisa dipercepat?

Untuk order yang sudah OK sebelum jam  1 siang, kami akan mengusahakan pengiriman pada hari yang sama (kecuali hari Sabtu/Minggu, hari libur nasional, atau ada kondisi 'force majeure' seperti hujan lebat / banjir). Order di atas jam tersebut akan dikirim keesokan harinya. Order pada tanggal merah akan dikirim setelah tanggalnya berubah menjadi biru / hijau.
Dalam beberapa kasus, kami belum bisa mengirim bila ada barang yang kurang / berbeda warna dari yang diminta pembeli. Di sini, kami akan menunggu konfirmasi dari pembeli terlebih dahulu. Untuk mempercepat proses ini, kami harap pembeli bersedia memeriksa "Kotak Surat" secara berkala untuk memberikan beberapa pilihan warna alternatif jika pilihan utama kebetulan habis.

7. Koq harganya murah? Bagaimana dengan kualitas barang yang dijual?

Seperti kata pepatah: "Ada harga ada rupa", kualitas barang tentu sebanding dengan harganya. Jelas tidaklah adil membandingkan, misalnya dompet senilai 20.000 dengan dompet LV berharga jutaan rupiah (meski bentuk dan rupa bisa mirip); atau pulpen seharga 2.500 dengan pulpen Parker. Yang berani kami janjikan adalah barang yang kami jual dalam kondisi baik, bisa dipakai, dan kualitas OK. Keawetan barang juga tergantung pada pemeliharaan di tangan pembeli. Hal ini hendaknya dimengerti pelanggan sehingga jangan sampai ada yang melayangkan komplain kualitas barang jelek karena terlanjur membayangkan kualitas barang yang sama dengan barang-barang 'branded'.

8. Koq harganya mahal? Kenapa toko sebelah menjual barang sama dengan harga lebih murah?

Kami berusaha memberikan barang yang murah, tapi tentu tidak berani menjanjikan yang termurah untuk semua barang. Ada beberapa alasan mengapa toko lain bisa menjual lebih murah:
Pertama, mereka mungkin membeli dalam kuantitas lebih besar untuk item bersangkutan.
Kedua, bisa jadi mereka kebetulan mendapatkan supplier yang menjual lebih murah. Atau dalam periode kurs mata uang dollar yang gonjang-ganjing belakangan ini, bisa jadi mereka sempat membeli banyak saat kurs masih rendah.
Ketiga, karena terlanjur memesan banyak, mereka kesulitan membuang barang, sehingga terpaksa menjual lebih murah agar modal bisa kembali lebih cepat.
Keempat, mungkin untuk promo menarik pelanggan ke tokonya dengan harapan pelanggan akan membeli item-item lain di sana yang menjanjikan margin keuntungan lebih tinggi.
Kelima, mungkin ada sebagian barang yang cacat / rusak dan disisipkan di antara barang-barang yang bagus (walau kami percaya tidak banyak yang melakukan hal ini).
Singkatnya, masing-masing toko memiliki kebijakan yang berbeda dalam soal penetapan harga, dan kita tidak mungkin mengikuti semua kebijakan mereka.
Yang kami janjikan adalah: Kami selalu menerapkan harga jual yang ekonomis, wajar, namun tetap memungkinkan kami untuk untung (agar bisa melayani Anda dengan baik, berkembang, dan menambah koleksi barang). Dengan menambah terus koleksi barang di toko ini, kami berharap Anda bisa menghemat ongkos kirim daripada harus membeli di beberapa toko sekaligus.

9. Barang sudah saya terima, dan setelah saya timbang, mengapa beratnya tidak sama dengan yang tercantum di katalog Tokopedia?

Bagi Anda yang sudah sering berurusan dengan ekspedisi, Anda tentunya sudah menyadari jika perhitungan berat kiriman tidak melulu dilihat dari berat aktual, melainkan juga dari perhitungan volume. Semua ekspedisi menerapkan perhitungan volume sebagai berikut:
               Berat (dalam kg) = (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000 cm2
Tergantung mana yang lebih besar (berat aktual atau volume), itulah perhitungan yang akan dipergunakan. Karena itu, barang ringan yang memakan volume banyak terpaksa kita naikkan beratnya. Kita juga harus mempertimbangkan volume untuk packing, terutama untuk barang-barang yang rentan pecah. Penambahan ketebalan kemasan pasti akan menambah volume.
Yang membuat masalah bertambah ruwet, ada barang tertentu yang tidak bisa dibungkus berdampingan begitu saja dengan barang lain tanpa resiko kerusakan di perjalanan, sehingga kita harus memberikan ruang lebih agar barang aman sampai di tujuan. Karena itu, untuk beberapa jenis barang, kita terpaksa melebihkan berat aktual di katalog agar kami memiliki ruang lebih untuk menyusun barang dalam packing yang aman.
Yang pasti, bila ongkir yang Anda keluarkan ternyata lebih banyak dari ongkir sebenarnya, kami pasti akan meminta nomor rekening Anda untuk refund. Anda bisa memeriksa resi pengiriman untuk memastikan hal tersebut.

 Trima kasih... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar